Senin, 15 Agustus 2011

Pentingnya Memelihara Silaturrahim

Orang mukmin satu dan lainnya ibarat satu bangunan.
Buruk sangka (suuzon) itu adalah dosa, sama dengan memakan bangkai orang lain. Buruk sangka merupakan cikal bakal fitnah.
Bila terlanjur berburuk sangka maka ucapkanlah Astaghfirullah.
Bagaimana bila kita di buruksangkai orang lain :

Di Zaman Rasulullah ada seorang sahabat Abdullah Bin Umar bertanya ke pada rasulullah :
1. Saya sudah membantu mereka tapi mereka malah berbuat jahat kepada saya
2. Saya sudah berbuat baik tapi mereka berbuat jahat kepada saya
3. Saya sudah berbicara dengan baik, tapi mereka berbicara tidak baik terhadap saya.
Lalu apa tindakan saya ya Rosulullah.

Jawab Rosulullah, bila engkau balas, maka engkau sama dengan mereka. Oleh sebab itu engkau teruskan silaturrahmi, insya Allah akan :
1. Mudahkan rezki
2. Sehatkan dirimu
3. Panjangkan umur
Artinya : Jika kita dianiaya jangan di balas dengan aniaya, tapi balaslah dengan kebaikan.

Akhlak Ahli Syurga :
1. Berbuat baik kepada orang yang jahat
2. Memaafkan orang yang berbuat salah kepadanya
3. Bermurah hati kepada orang yang bakhil

Terkadang manusia seperti anjing, Bila ada yang datang bila tidak membawa makanan biar tuannya tetap akan digonggongnya.

Takkan masuk surga kalau suka hidup bermusuhan dengan orang lain.

Apa Hak tetangga kepada tetangga yang lain :
Rosulullah berkata :
1. Jika ia mau berhutang engkau hutangi.
2. Jika ia sakit engkau lihat ia di rumahnya
3. jika ia mengundang penuhi undangannya
4. Jika ia minta tolong kepada engkau maka engkau tolong
5. Jika ia ditimpa musibah engkau datangi dan hibur mereka
6. Jika ia mendapat kesenangan ucapkan selamat
7. Jika ia meninggal dunia, datangi rumahnya laksanakan fardhu kifayahnya sampai ke kuburnya.
8. Jika ia keluar rumah maka engkau perhatikan rumah mereka, engkau jaga rumah mereka sebagaimana engkau menjaga rumahmu.
9. Jangan kamu mengganggu/menyusahkan tetanggamu

15 Ramadhan 1432
Terima kasih Ustadz : Abdul Fatah