Senin, 29 Juli 2013

Kajian Qur'an dan Hadist

Pada Hari Senin, 29 Juli 2013, di Masjid Istiqomah Ustad H. Arbi Fadhli mengemukakan, Hadist Rosulullah :  "Sesungguhnya aku tinggalkan kepada kalian 2 perkara yaitu al Qur'an dan Hadist".
Saat Islam menguasai dunia 500 tahun yaitu dimasa ke khalifahan Al Qur'an dan Hadist diamalkan dengan baik.
Namun saat selanjutnya dimana dunia dikuasai oleh orang-orang kafir, ummat Islam sepertinya meninggalkan Al Qur'an dan Hadist dan berkiblat kepada Ilmu yang didengungkan oleh Barat. Sesungguhnya segala sesuatu di dunia ini telah ada dalam Al Qur'an dan Hadist.
Bila dulu di zaman kekhalifahan, Islam di takuti karena mereka menjalankan Agama Islam dengan baik, sementara saat ini ummat Islam diidentikkan dengan teroris.
Oleh sebab itu sudah saatnya kita mulai mempelajari dan mempraktekkan Al Qur'an dan Hadist, bukan meninggalkannya.

Selanjutnya Ustad H. Arbi Fadhli mengulas surat dalam Al Qur'an yang paling sering kita baca yaitu Al Fatihah, Al Fatihah artinya Pembuka, nama lain Surat Alfatihah adalah :
  1. Ummul Qur'an yaitu Ibunya Al Qur'an. 
  2. Safi, karena sebagai ayat yang dapat menyembuhkan
  3. Rukiyah, dapat digunakan untuk merukyah
  4. Assholat
Tafsir Alfatihah :
Alfatihah terdiri dari 7 Ayat, semua ulama bersepakat bahwa Alfatihah itu 7 Ayat. meskipun ada perbedaan dengan memasukkan Bismillah sebagai bagian Alfatihah, dan ada yang tidak memasukkannya namun membagi ayat Shirotollazi... dst menjadi 2. Perbedaan ini mengakibatkan perlu tidaknya membaca Bismillah dalam membaca fatihah dalam sholat.
Alhamdulillahhirobbil'alamin, sebagus-bagus do'a adalah Alhamdulillah. Rob... sebaiknya diterjemahkan sebagai Robbi.... yang lebih dekat dengan Isalm bukan dengan istilah Tuhan.
Arrohmannirrohim, merupakan nama Allah, Allah memiliki 99 nama, barang siapa yang menghitungnya akan masuk syurga, Nama-nama Allah sesungguhnya tidak hanya 99. Arrohman - Arrohim ada yang menyamakan artinya namun ada yang membedakannya, dimana Arrohman untuk semesta alam, Arrohim  yang diberikan hanya kepada ummat islam.
Malikiyaumiddin, Yang memiliki kerajaan di hari pembalasan.
Iyyakana'buduwaiyyakanasta'in, hanya kepadaMulah kami beribadah, dan kepadaMulah kami mohon pertolongan. merupakan inti dari peribadahan, khusus kepada Allah.