Kamis, 01 Agustus 2013

Kajian Qur'an dan Hadist 4



Kamis, 1 Agustus 2013, di Masjid Istiqomah Ustad H. Arbi Fadhli mengemukakan pada kajian penutup diskusi Al Qur’an dan Hadist. Biasanya dalam kajian penutup orang menyampaikan wasiat, sebagaimana Rosulullah juga di akhir hayatnya berwasiat diantaranya :

  1. Menjaga sholat, Rosulullah menyampaikan bahwa yang pertama hilang dari ummatku adalah sholat dan yang terakhir yang hilang dari ummatku adalah amanah.
  2. Berbuat baik kepada wanita, Rosulullah menyampaikan bahwa perempuan itu lebih lemah akalnya dari laki-laki, dan amalnya juga lebih sedikit dari laki-laki.
  3. Bertaqwa kepada Allah SWT, dengan selalu berusaha mentaati perintah dan menjauhi larangan
  4. Mendengar dan taat kepada pemimpin, walaupun pemimpin kamu saat itu adalah hamba sahaya, selama pemimpin itu tidak memerintahkan kepada bermaksiat kepada Allah. Taatilah pemimpin meskipun ia memukul punggungmu dan mengambil hartamu.  
  5.  Berpegang teguhlah kamu kepada Sunatullah, sunnahku dan sunnah khulafaurrasyidin, lebih lanjut rosulullah bersabda Gigitlah sunnah itu dengan gigi gerahammu, hal ini menggambarkan bagaimana sulitnya mempertahankan sunnah itu.
  6. Jauhilah oleh kalian perkara-perkara baru dalam agama, Bid'ah, dan sesungguhnya segala bid'ah itu sesat.Bid'ah dimaksud adalah ibadah-ibadah yang baru.